Selasa, 24 Oktober 2023

author photo

Pengertian lingkaran

Lingkaran merupakan tempat kedudukan titik-titik yang berjarak sama terhadap titik tertentu. Jarak yang sama itu disebut dengan jari-jari lingkaran, sedangkan titik tertentu tersebut disebut dengan pusat lingkaran.

Persamaan Lingkaran

1. Persamaan lingkaran dengan

2. Persamaan lingkaran dengan 


3. Persamaan lingkaran dengan
Untuk contoh soal bisa kalian lihat DI SINI

Kedudukan Titik terhadap Lingkaran

Kedudukan titik terhadap lingkaran terbagi menjadi tiga kondisi, yaitu titik terletak di dalam lingkaran, titik terletak di luar lingkaran, dan titik terletak pada garis lengkung lingkaran. Letak titik pada lingkaran ini dapat kita ketahui dengan mudah apabila keduanya digambarkan pada bidang Kartesius.

1. Kedudukan titik terhadap lingkaran dengan x2 + y2 = r2

Pada bentuk persamaan x2 + y2 = r2  lingkaran memiliki titik pusat di O (0,0) dan panjang jari-jari r. Misalkan terdapat suatu titik, yaitu Q (x1, y1). Kedudukan titik Q terhadap lingkaran x2 + y2 = r2sebagai berikut.




Untuk contoh soal bisa kalian lihat DI SINI

2.  Kedudukan titik terhadap lingkaran dengan bentuk (x-a)2 + (y-b)2 = r2

Pada bentuk persamaan ini, lingkaran memiliki titik pusat di P (a,b) dan panjang jari-jari r. Misalkan, terdapat suatu titik, yaitu Q (x1, y1). Kedudukan titik Q terhadap lingkaran (x-a)2 + (y-b)2 =radalah sebagai berikut.




Untuk contoh soal bisa kalian lihat DI SINI

3.  Kedudukan titik terhadap lingkaran dengan bentuk x2 + y2 + Ax + By + C = 0

Persamaan lingkaran dengan bentuk x2 + y2 + Ax + By + C = 0 memiliki

Sebenarnya, bentuk persamaan ini merupakan hasil penjabaran dari bentuk (x-a)2 + (y-b)2 = r2 Misalnya, terdapat suatu titik pada lingkaran, yaitu Q (x1, y1)  Kedudukan titik Q terhadap lingkaran x2 + y2 + Ax + By + C = 0 adalah sebagai berikut








Kedudukan Garis Lurus terhadap Lingkaran

Jika terdapat sebuah garis dan sebuah lingkaran, terdapat tiga kemungkinan kedudukan garis terhadap lingkaran tersebut, yaitu sebagai berikut.

a.    Garis memotong lingkaran di dua titik   D > 0

b.   Garis menyinggung lingkaran di satu titik   D = 0

c.    Garis di luar lingkaran atau tidak memotong lingkaran   D < 0

kedudukan garis lurus terhadap lingkaran diatas terbagi menjadi tiga kondisi, yaitu garis memotong lingkaran di dua titik berbeda, garis menyinggung lingkaran di satu titik, dan garis tidak memotong ataupun menyinggung lingkaran.





This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post